6 Makanan Kaya Serat yang Terabaikan

Makanan Berserat

Makanan berserat adalah makanan yang dapat membantu Anda untuk kelancaran pencernaan. Serat sendiri berfungsi untuk memberikan Anda kesehatan karena kunci utama dari kesehatan manusia adalah kelancaran untuk membuang sisa-sisa makanan yang telah dikonsumsi. Oleh karena itu Anda harus mempunyai makanan sehat sebagai salah satu gaya hidup Anda. Beberapa di antaranya adalah makanan yang berserat yang baik dikonsumsi secara langsung tanpa diolah. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan zat-zat baik yang terkandung di dalam makanan tersebut larut oleh air dan proses memasak lainnya. Sayangnya beberapa sayuran dan buah-buahan ini seringkali dilupakan oleh orang dan lebih suka mengkonsumsi makanan junkfood atau makanan cepat saji seperti burger, pizza, dan lain sebagainya. Ada 6 makanan kaya serat yang terabaikan oleh manusia modern.

Anda disarankan untuk selalu memakan buah atau sayuran yang masih segar. Anda dapat mengkonsumsi sayuran dan makanan ini dalam 5-9 porsi sehari. Hal ini untuk memaksimalkan konsumsi dari vitamin dan mineral yang dikandung oleh buah dan sayuran tersebut.

Berikut Jenis-jenis makanan berserat yang sering dilupakan oleh manusia modern :

1. Acai berry

Jenis berry ini adalah jenis yang terbaik karena mengandung lebih banyak antioksidan daripada jenis berry yang lain. Namun tidak banyak orang yang mengetahuinya karena buah ini juga sulit untuk didapatkan karena buah ini khas dari negara Brasil. 2. Apel

Walaupun apel sangat terkenal, namun tidak banyak yang menjadikannya buah utama. Serat ini berada pada kulitnya baik pada apel yang berwarna merah maupun yang berwarna lainnya. Zat ini disebut dengan quercetin yang dapat juga membantu Anda untuk mencegah alergi dan penyakit jantung.

3. Alpukat

Alpukat adalah produsen dari lemak tak jenuh yang dapat mengurangi keberadaan lemak jenuh pada darah sehingga mengurangi resiko stroke dan gangguan jantung. Selain juga serat yang dapat memperlancar pencernaan di dalam usus-usus Anda.

4. Pisang

Banyak orang yang tidak suka pisang karena tidak memiliki nilai prestisius. Selain dipenuhi dengan serat yang tinggi, pisang juga memproduksi karbohidrat yang dapat memperlancar metabolisme yang tinggi.

5. Blackberry

Di Indonesia, blackberry belum menjadi bagian dari gaya hidup. Banyak yang belum mengetahui bahwa jenis buah berry ini juga kaya serat kepada metabolisme Anda. Sehingga Anda akan lebih baik dan juga diperkaya oleh polifenol yang dapat mencegah dari osteoporosis dan kanker.

6. Blueberry

Jenis buah ini juga sama dengan blackberry. Belum mendapat perhatian dari orang-orang Indonesia. Selain itu jika buah ini dikonsumsi secara teratur maka akan memperlambat penuaan Anda hingga 2,5 tahun. Buah ini juga memperlancar metabolism Anda sehingga kerampingan dan energy Anda terjaga.

6 makanan kaya serat yang terabaikan di atas merupakan makanan yang sebenarnya perlu menjadi konsumsi sehari-hari bagi Anda. Selain kesehatan, Anda juga akan mendapatkan perawatan bagi kulit yang akan mempengaruhi penampilan. Oleh karena itu merubah pola hidup dengan cara mengkonsumsi makanan sehat adalah salah satu cara yang paling ekonomis dan efisien.

0 comments