Manfaat Sayuran Pada Saat Kehamilan

Manfaat Sayuran Pada Saat Kehamilan - Bagi setiap ibu hamil, menjaga pola makan dan asupan nutrisi adalah hal yang wajib untuk memenuhi nutrisi janin, bahkan tidak jarang yang sudah merencanakan pola makan ini sebelum hamil. Pada dasarnya, semakin berkembang janin yang dikandung, tentu akan membutuhkan asupan nutrisi yang semakin banyak pula, dan hal ini juga memperngaruhi nafsu makan ibu hamil yang cenderung semakin sering lapar dan haus saat kandungan semakin membesar.

Manfaat Sayuran Pada Saat Kehamilan

Beberapa asupan nutrisi seperti buah-buahan dan menu makanan sehat yang kompleks tentu pernah kita dengar, tapi di artikel kali ini akan dibahas khusus mengenai sayur-sayuran yang baik untuk asupan nutrisi ibu hamil. Sedikit alasan mengapa ibu hamil harus memperhatikan sayur-sayuran adalah karena selain memiliki serat yang dibutuhkan tubuh, kebanyakan ibu hamil akan lebih mementingkan apapun yang diinginkan pada saat hamil, atau lebih dikenal dengan sebutan “ngidam”, dibandingkan dengan asupan sayur-sayuran yang justru lebih penting. Sayur disini juga difungsikan untuk menyeimbangkan pola makan ibu hamil yang sudah terlanjur lebih banyak mengkonsumsi makanan yang tidak seimbang.

Berikut adalah beberapa sayuran yang dapat dipertimbangkan untuk menjadi salah satu menu saat hamil.

  • Labu siam, sayuran yang juga disebut sebagai jipang ini memiliki manfaat yang sangat bagus karena kandungan seratnya yang tinggi dapat mengatasi masalah pencernaan yang sering dialami oleh ibu hamil. Labu siam juga memiliki kandungan asam folat yang cukup sehingga mampu menghindarkan resiko cacat pada janin.
  • Jagung, selain memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi, jagung juga mengandung vitamin B12 yang dapat mencegah anemia serta menjaga keseimbangan organ tubuh sehingga dapat berfungsi optimal. Selain itu, jagung juga memiliki kandungan protein tinggi yang dapat membantu meningkatkan sistem imun dan menjaga kondisi kesehatan ibu hamil.
  • Kacang panjang, selain karena kandungan serat dan asam folat yang tinggi, kacang panjang juga rendah kalori dan memiliki kandungan gizi serta zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Selain itu, apabila dimakan mentah, kacang panjang mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang bisa membantu meningkatkan sistem imun ibu hamil.
  • Tomat, bukan hal yang baru lagi bahwa tomat memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi tapi tidak seperti cabe, tomat memiliki rasa yang tidak akan mempengaruhi organ tubuh dengan ekstrim. Vitamin C yang terkandung akan dapat menjaga sistem imun ibu hamil agar tetap optimal dan kandungan air yang cukup tinggi juga akan membantu untuk mencegah dehidrasi pada ibu hamil.

Sebenarnya masih banyak sayuran yang memiliki fungsi baik untuk ibu hamil, bahkan mayoritas sayuran memiliki kandungan yang berguna untuk memperbaiki kinerja seluruh organ tubuh dan menjaga kondisi kesehatan ibu hamil. Sayuran di atas adalah contoh dari sayuran yang bisa dimanfaatkan sebagai tambahan pada menu untuk menjaga nutrisi di saat hamil.

Jangan lupa, selalu periksakan kondisi kandungan Anda ke dokter atau bidan yang anda percaya. Selalu percayakan setiap penanganan pada ahlinya. Selalu jaga kondisi, hindari stress, dan selalu siaga demi lahirnya buah hati yang didambakan. Semoga bermanfaat.

0 comments