Nutrisi Ibu Hamil Trimester Pertama

Nutrisi Ibu Hamil Trimester Pertama

Nutrisi Ibu Hamil Trimester Pertama - Setiap pasangan yang baru menikah tentu mengharapkan kehadiran buah hati di antara mereka untuk melengkapi keluarga kecil yang diinginkan. Kebahagiaan yang sangat besar akan terpancar dari setiap pasangan saat mendengar bahwa sang buah hati telah positif hadir di dalam kandungan. Tapi tahukah anda, bahwa untuk mempersiapkan kehadiran sang buah hati di dunia ini tentu harus memperhatikan semua hal yang berhubungan dengan kondisi fisik ibu dan kondisi sang buah hati di dalam kandungan. Sang ibu mulai harus memperhatikan pola makan dan aktivitasnya agar dapat tetap sehat dan juga mendapatkan kandungan yang sehat sehingga kelak buah hati akan lahir tanpa ada masalah.

Masa-masa kehamilan trimester pertama, khususnya pada 8 minggu pertama kehamilan adalah masa yang sangat penting karena masa-masa ini adalah saat dimana calon organ-organ janin akan terbentuk hingga akhirnya terjadi pembentukan calon seluruh sistem tubuh buah hati. Pada akhir trimester ini seluruh rangka dan tubuh janin sudah terbentuk dan semua organ tubuh sudah berjalan walaupun masih belum sempurna. Pada masa trimester pertama kandungan ini, kondisi tubuh ibu yang mengandung pun akan mengalami perubahan hormonal sehingga menyebabkan adanya perubahan dari segi fisik maupun mental. Contoh yang paling umum adalah adanya rasa mual dan muntah disertai dengan konstipasi karena meningkatnya hormon HCG dalam tubuh. Seorang ibu hamil juga akan mengalami ketidaknyamanan dengan adanya perubahan kondisi ini. Tentu hal ini harus ditangani oleh setiap pasangan dengan kepala dingin.

Dengan adanya proses penting pada kandungan dan pengaruh yang dirasakan oleh tubuh ibu yang mengandung, maka setiap pasangan wajib untuk mencari tahu tentang nutrisi ibu hamil trimester pertama yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kondisi fisik ibu mengandung dan janin dalam kandungan. Pada masa ini, makanan yang kaya akan protein, vitamin, mineral, dan asam folat akan menjadi sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk ibu dan janin yang dikandung. Pada pertengahan hingga akhir trimester ini biasanya ibu yang mengandung akan menuntut beberapa makanan yang diinginkan karena adanya nafsu makan yang besar, tapi sebaiknya tetap harus mengkonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi untuk menjaga kondisi.

Di bawah ini akan dijelaskan secara singkat beberapa jenis makanan yang dapat dijadikan sumber nutrisi penting pada masa kehamilan trimester pertama ini.

Bayam.

Sayuran ini sangat mudah didapatkan di pasar manapun, jumlah kandungan zat besi dalam bayam tidak diragukan lagi dan tentunya zat besi ini sangat dibutuhkan oleh ibu mengandung. Bayam juga dapat mendorong produksi darah agar lebih banyak sehingga dapat meningkatkan volume darah yang dialirkan ke rahim dan menghindarkan adanya resiko kekurangan darah.

Brokoli.

Kembali dengan sayuran hijau, brokoli mengandung banyak sekali zat besi seperti bayam, namun brokoli juga mengandung asam folat, kalsium, serta vitamin C yang cukup sehingga dapat menyeimbangkan nutrisi yang didapat pada awal trimester kehamilan.

Jeruk.

Selain brokoli, jeruk dapat menjadi sumber vitamin C terbesar dari alam yang bisa didapatkan dengan mudah. Jumlah vitamin C yang banyak ini dapat menjadi antioksidan yang akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Kacang almond.

Mungkin bahan makanan satu ini kurang dikenal secara luas, tapi tidak dapat dipungkiri bahwa kacang almond memiliki banyak sekali kandungan vitamen E, asam lemak omega 3, dan protein yang sangat penting dalam membantu perkembangan otak janin.

Makanan di atas dapat menjadi menu utama ibu mengandung untuk menjaga kestabilan kondisi tubuh dan kandungan. Sebagai tambahan, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti nasi, ubi, jagung, dan lain sebagainya. Hindarkan makanan yang mengandung lemak tinggi seperti gorengan, daging berlemak, atau bahkan makanan bersantan.

Sedikit tambahan tips, untuk menghindari rasa mual dan muntah, hindari berbagai macam sumber bau yang menyengat dan tidak disukai. Bangun tidur secara perlahan juga akan membantu ibu mengandung untuk menghindari mual dan muntah. Dan jangan lupa sediakan makanan kecil dengan kandungan garam rendah seperti kacang almond atau biskuit sebagai camilan.

Ingat selalu untuk memeriksakan kandungan anda ke dokter terdekat dan jauhi pola hidup yang tidak sehat ataupun yang mengakibatkan stress. Selalu sehat demi buah hati kesayangan dan keluarga bahagia anda. Semoga bermanfaat.

0 comments